Entri Populer

15 Januari 2012

Riset Untuk Pengabdian


Sebagai mahasiswa tentunya tidak dapat terlepas dengan hal yang dinamakan riset, penempatan riset sebagai salah satu bentuk pengabdian untuk pencapaian community development sekarang menjadi topic utama, sebab seringkali riset yang dilakukan tidak bisa diterapkan secara baik di masyarakat luas, sehingga perlu adanya pendekatan di masyarakat untuk mengetahui duduk permasalahan yang ada sehingga timbul ide solusi yang diwujudkan dalam riset secara mendalam. Konsep community development tidak dapat di pisahkan dengan riset sebab riset merupakan bagian dari comdev sebagai jalan untuk action langsung di masyarakat(sebagai acuan bertindak).
Tahapan riset berbasis comdev :
1.      Analisis potensi yang dimiliki daerah, kita gunakan sebagai branding dari daerah.
2.      Pelibatan kelompok riset sebagai actor dalam pengembangan riset ( pembuatan cluster riset ), kelompok ini berfungsi untuk mengamati satu potensi daerah dari dulu sampai hilir sehingga dapat dikembangkan menjadi sebuah prototype untuk masyarakat.
3.      Tahap selanjutnya adalah action, dari hasil riset yang ada dapat diterapkan langsung kepada masyarakat tidak lupa untuk melibatkan masyarakat secara langsung sehingga tujuan utama masyrakat mandiri dapat mudah dicapai.(narasumber : mbk nur).

 Dengan penerapan konsep seperti di atas, sedikit memberikan solusi pada riset mahasiswa yang selama ini hanya dipandang mata oleh masyarakat secara luas, sebab kebanyakan hasil riset yang berupa karya ilmiah terkesan ada gap yang jauh ketika akan di aplikasikan langsung di masyarakat, sehingga apa yang ingin kita capai dari pembuatan karya ilmiah sering kali tidak tepat guna ketika diterapkan di masyarakat.